Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa Layaknya Piknik

20 - Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa Layaknya Piknik

Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa Layaknya Piknik

Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa Layaknya Piknik – Limbah adalah buangan yang hasil dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Masyarakat yang bermukim di sanalah berbagai jenis limbah akan menghasilkan. Ada membuang sampah, ada air kakus (black water), dan ada membuang air dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water).

Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang sering kali tidak menginginkan kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu melakukan penanganan terhadap aplikasi idn poker 99 limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

Sejumlah warga menikmati pemandangan dan duduk layaknya piknik di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT) Duren Sawit, Jakarta Timur. Pemandangan yang mereka lihat adalah limbah busa deterjen yang menyerupai salju di aliran sungai BKT. Pemandangan itu berlangsung pada Rabu (1/7) malam.

1. Warga yang memandangi busa menggelar tikar oleh tukang kopi

whatsapp image 2020 07 02 at 92703 am 69676a3f5520297b910c0d86a4639108 - Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa Layaknya PiknikWarga Jakarta meluangkan waktu untuk bersantai di bantaran Sungai Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur, Rabu (1/7/2020). Gumpalan busa serupa salju menjadi pemandangan unik bagi pendatang untuk sekadar melepas lelah usai bekerja (ANTARA/Andi Firdaus)

Rayyan yang merupakan karyawan salah satu perusahaan kredit kendaraan di Jakarta tersebut duduk di sana untuk melepas penat setelah menyebar brosur produk kepada sejumlah pengunjung di BKT.

Kehadiran warga di sana tampak difasilitasi sejumlah tikar oleh pedagang asongan.

“Memang biasanya saya bawa tikar untuk yang beli kopi di tempat saya,” ujar Kasno (40) pedagang kopi.

2. Terbentuk karena ada endapan limbah rumah tangga

busa bkt b24d54e5dcc362adf81b6b5b7784282c - Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa Layaknya Piknik

Meskipun limbah yang ada di aliran sungai itu mengeluarkan aroma yang tak sedap, sejumlah warga tetap tampak santai dan menikmati suasana malam di bantaran sungai BKT.

Terkait dengan fenomena busa itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, gumpalan busa putih di permukaan air Sungai Banjir Kanal Timur (BKT), terbentuk karena endapan detergen limbah rumah tangga yang terangkat oleh turbulensi arus.

“Fenomena turbulensi aliran akibat ketinggian yang berbeda dari sisi yang berlawanan dan dipicu oleh penutupan Pintu Air Weir 1 Malaka Sari,” kata dia, Minggu (28/6).

3. Menindaklanjuti Gumpalan busa oleh pihak LH DKI

img 20200628 wa0005 2a934938440cec559de54384ea8d56e0 - Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa Layaknya Piknik
Permukaan aliran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) terkontaminasi gumpalan busa putih serupa salju, Minggu (28/6/2020). Situasi itu menjadi pemandangan unik bagi peserta Car Free Day (CFD). (ANTARA/Andi Firdaus

Andono menjelaskan bahwa busa itu muncul di sekitar Pintu Air BKT WEIR – 1 Malaka Sari, Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.