Kamu Sering Mengkritik Diri Sendiri? Hentikan! Hal Tersebut Mengganggu Kesehatan Mentalmu

Kamu Sering Mengkritik Diri Sendiri? Hentikan! Hal Tersebut Mengganggu Kesehatan Mentalmu

Kamu Sering Mengkritik Diri Sendiri? Hentikan! Hal Tersebut Mengganggu Kesehatan Mentalmu

“Gw ini gendut banget, sih”
“Kenapa, sih gw selalu melakukan hal bodoh”
“Gw udah ketuaan buat cari kerjaan yang baru”

Kalimat-kalimat di atas adalah beberapa contoh dari kritikan terhadap diri sendiri yang kadang tanpa sadar sering kamu lakukan. Mungkin kamu berpikirnya, mengkritik diri sendiri akan membuatmu jadi terpacu untuk berubah dan berkembang.

Akan tetapi yang justru terjadi adalah hal sebaliknya. Kebiasaan mengkritik diri sendiri malah bisa jadi bumerang bagi perkembangan pribadi kamu. Karena hal tersebut, bisa menggerogoti kesehatan mentalmu. Di lansir dari laman cal-graf.com, berikut ini beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu menghindari mengkritik dirimu terlalu keras!

1. Sering melakukan self-criticism bisa membuatmu yakin dengan hal-hal negatif

Di kutip dari laman Daftar IDN Poker777, selalu berbicara negatif terhadap diri sendiri, membuatmu jadi yakin dengan hal itu. Karena apa yang kamu ulang-ulang terus, akan tertanam dalam pikiran bawah sadar, yang kemudian menyetir sikap dan tindakanmu.

Berkali-kali mengatakan bahwa dirimu gak mungkin bisa, kamu kurang pintar, dan semacamnya, akhirnya kamu pun jadi percaya. Setiap ada kesempatan, gak kamu ambil, karena kadung sudah yakin, bahwa kamu gak bakal bisa lolos atau berhasil.

2. Bisa menyebabkanmu rentan stres

Stres memang tak bisa di hindari. Karena namanya hidup, pasti akan selalu menemukan masalah yang bikin stres.

Hanya saja, ada sebagian orang yang pandai mengelola stres, artinya gak sedikit-sedikit stres. Dan ada pula, yang gampang banget khawatir, tertekan, hingga depresi. Nah, yang terakhir ini, bisa di sebabkan sering mengkritik diri sendiri.

3. Cara pandangmu jadi bias

Tatkala kamu terus-menerus melihat dirimu dari kacamata negatif, berpikiran buruk terhadap diri sendiri, maka hasilnya pun akan buruk. Kamu jadi pribadi dengan tingkat kepercayaan diri rendah.

Dampaknya, kamu jadi sulit termotivasi. Tiap kali akan melakukan hal-hal penting atau berfaedah, jadinya malas, karena merasa kalau hasilnya nanti gak bakal bagus, atau akhirnya pasti gagal. Itu bermula dari cara pandangmu yang bias mengenai dirimu sendiri.

4. Kualitas hubunganmu jadi memburuk

Kenapa sebelum menjalin hubungan sangat penting sekali untuk mampu mencintai diri sendiri, karena apa yang kamu yakini itu akan tercermin dari sikapmu terhadap orang lain. Gak cuma terhadap pasangan saja, tapi juga rekan kerja, teman-teman, hingga keluarga.

Rasa insecure akibat keseringan melakukan kritik terhadap diri sendiri, membuatmu jadi sering menaruh curiga atau berprasangka buruk pada orang lain. Akhirnya, orang pun jadi malas berinteraksi denganmu.

5. Daya juangmu jadi rendah

Seseorang bisa terus bangkit dari kegagalan, dan memilih untuk terus berjuang, karena di dalam dirinya masih menyimpan harapan. Dan harapan ini timbul dari sikap optimis, bahwa kondisi yang saat ini ia alami, gak akan berlangsung selamanya.

Ketika mentalmu selalu di tempa dengan pemikiran negatif, akhirnya kamu jadi meyakini bahwa kamu memang layak dengan kondisi saat ini yang gak membuatmu bahagia. Sehingga, percuma saja berusaha untuk keluar. Dan itu, yang membuat daya juangmu rendah. Saat menemui kesulitan, langsung berkata “tuh, kan dari awal emang gw udah gak yakin kalau ini bakal berhasil”.

Evaluasi diri itu memang wajib. Supaya kamu bisa mengenali kesalahan yang telah kamu lakukan, dan bisa menghindarinya di kemudian hari. Namun yang salah, ketika kamu gak fair terhadap dirimu sendiri. Begitu keras mengkritik, sampai akhirnya menyerang kondisi mentalmu. Jadi, mulai sekarang, yuk hindari kebiasaan mengkritik diri sendiri!