6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Mendaki Gunung Semeru!

6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Sebelum Mendaki Gunung Semeru! Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki baik lokal maupun mancanegara. Hal ini tentu tidak mengherankan mengingat Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jaw. Sayangnya, Gunung Semeru sempat ditutup karena adanya peningkatan aktivitas vulkanologi dan baru dibuka kembali di awal April ini tentunya dengan syarat-syarat tertentu. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk ikut mendaki di gunung tersebut, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu beberapa fakta mendaki Gunung Semeru berikut ini!

Termasuk ke dalam Seven Summit

171171407 170115581534501 3804151860878096586 n - 6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Mendaki Gunung Semeru!
@ikimmlna via Instagram

6 Hal Yang Kamu Harus Tahu akan semakin menambah kebanggaan kamu terhadap gunung di Jawa Tengah ini.

Tidak Dianjurkan Mendaki ke Mahameru

photo 1529989400578 857960dd64f4 - 6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Mendaki Gunung Semeru!
@khusnafaiq http://cal-graf.com/

Salah satu fakta mendaki Gunung Semeru yang wajib kamu tahu adalah anjuran untuk tidak melakukan pendakian ke puncak Mahameru. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sebenarnya sudah memberikan larangan untuk mendaki ke Mahameru sehingga pendaki hanya bisa mendaki sampai Kalimati saja.

6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Larangan ini sendri dbuat terkait aktivitas vulkanologi Gunung Semeru yang masih labil (batas garis aman sampai Kalimati), faktor cuaca,  pemulihan ekosistem d jalur pendakian serta jalur pendakiannya juga terlampau sulit sehingga cukup membahayakan. Selain dsampaikan secara langsung oleh petugas saat mengajukan izin dpos Ranupani, kamu juga akan menjumpai plang tentang larangan mendaki lebih jauh dari Kalimati.

Sebagai puncak tertinggi d Pulau Jawa, banyak pendaki  tentu merasa sayang jika tidak sampai puncak apalagi jalur yang kita daki tidaklah mudah. Karena itu, mereka cenderung mengabaikan larangan tersebut. Sebagian mungkin beruntung bisa mencapai punca dengan selamat namun tidak sedkit yang mengalami kecelakaan seperti jatuh ke dalam jurang hingga mengalami luka berat bahkan meningga.

Asap Jonggring Saloko

51424231 146794566329281 4112446375543609607 n - 6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Mendaki Gunung Semeru!
http://cal-graf.com/ Instagram

Bagi yang tidak mengindahkan larangan untuk tidak mendaki ke puncak, biasanya akan melanjutkan pendakian ke Jonggring Saloko, kawah yang ada d puncak Mahameru. Kawah ini sendri masih aktif mengeluarkan kepulan asap putih, kelabu hingga hitam yang membumbung tinggi hingga 300-800 meter. Letusan bersisi abu, pasir, kerikil dan batu-batu panas ini biasanya terjadi setiap 15-30 menit sekali. Tak pelak hal ini menjad daya tarik tersendri dan mejai incaran para pemburu foto karena tampilannya yang tampa magis.

Sayangnya, kepulan asap yang dikeluarkan oleh Jonggring Saloko mengandung racun yang kabarnya akan keluar sekitar pukul 09.00 atau 10.00 pagi sehingga pendaki dsarankan melakukan pendakian ke puncak di malam hari untuk menghindari racun. Namun, sebenarnya tidak ada yang tahu persis kapan asap tersebut akan keluar. Jangan sampai kamu abaikan fakta mendaki Gunung Semeru satu ini ya!

Verbena brasiliensis

171577194 943735876459719 437576714988667780 n - 6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Mendaki Gunung Semeru!
@abdul_kholiiq via Instagram

Fakta mendaki Gunung Semeru berikutnya menyoal Verbena brasiliensis, bunga berwarna ungu dengan tampilan menyerupai lavender dan umumnya akan kamu jumpai saat berada dOro-oro Ombo. Verbena sendri merupakan tanaman parasit asal Amerika Selatan yang akan membuat tumbuhan dsekitar TNBTS mati karena kekuatannya menyedot air serta zat hara. Karenanya, pihak TNBTS sempat mengizinkan pendaki untuk memetik bunga tersebut terutama sebelum buahnya masak.

Hanya saja, banyak pendaki yang masih belum paham dengan seberapa besar bahaya tanaman satu ini terhadap ekosistem Semeru. Kebanyakan memetik dan membawanya sembarangan sehingga biji bunga dengan mudah berceceran d kawasan pendakian. Tanaman ini sendri memang bisa dengan mudah berkembang biak menggunakan bijinya. Jika letakkan semabarangan, kamu bisa ikut andl memperluas penyebaran tanaman satu ini. Karena itu, memetik, mencabut dan membawanya pulang sangat tidak danjurkan.

Jalur Pendakian

141767696 800630063999400 6281368828134486889 n - 6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Mendaki Gunung Semeru!
IDN POKER APK

Jalu pendakian yang kamu ambil untuk mencapai puncak akan dawali dengan jalur Ranu Pani – Ranu Kumbolo dengan durasi sekitar empat sampai lima jam. Selanjutnya, kamu mengambil jalur Ranu Kumbolo –  Kalimati dengan durasi sekitar empat jam. Jalur terakhir yang sebenarnya tidak danjurkan adalah Kalimati – Mahameru. Jalur ini biasanya dlalu i hari sekitar pukul 02.00 terutama untuk menghindari asap beracun dan menikmati keindahan matahari terbit.

Tempat-Tempat Favorit

photo 1612144613550 171966fab8c5 - 6 Hal Yang Kamu Harus Tahu Mendaki Gunung Semeru!

IDN POKER APK

Salah satu tempat favorit dan tidak asing bagi para pendaki Gunung Semeru adalah Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo ini merupakan danau air tawar seluas sekitar 15 hektare. Di pinggiran danau ini, para pendaki biasnaya melakukan transit dan berkemah sebelum melanjutkan penndakian ke jalur selanjutnya. Saat malam tiba, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan bintang bak permata. Lalu, di pagi hari, kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit di antara dua bukit.

Tepat di sebelah Ranu Kumbolo, ada Tanjakan Cinta yang tak kalah populer. Sesuai dengan namanya, tanjakan dengan kemiringan 45 derajat ini dibalut mitos seputar kelanggengan hubungan dengan kekasih. Kabarnya, jika kamu menoleh ke belakang saat melewati tanjakan ini sambil memikirkan pasangan kamu, cinta kamu akan kandas.

Sementara itu, jika terus berjalan, maka cinta kamu akan bahagia. Terlepas mengenai benar tidaknya mitos ini, hamparan rumput hijau di Tanjakan Cinta ini sangat memanjakan mata dan sayang untuk dilewatkan.

Tempat lainnya yang tak kalah memukau adalah Oro-oro Ombo, yakni sebuah padang rumput indah berhiaskan tanaman Verbena yang Bob sebutkan sebelumnya. Fakta mendaki Gunung Semeru satu ini bisa kamu jadikan inspirasi agar tetap semangat untuk melakukan pendakian yang penuh perjuangan.